Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Buku Nahwu Bagi Pelajar Bahasa Arab Tingkat Pemula Hingga Mahir

Bagi pelajar Bahasa Arab, ilmu nahwu menjadi salah satu senjata yang harus dikuasai. Seorang pelajar Bahasa Arab tidak akan dapat berbicara Bahasa Arab dengan baik dan benar jika belum memahami betul kaidah dalam ilmu nahwu.

Ada banyak sekali buku nahwu yang tersebar entah buku asli berbahasa Arab atau yang sudah diterjemahkan. Kali ini, akan dipaparkan dan disertai penjelasan singkat mengenai rekomendasi buku nahwu yang dapat dipelajari, atau hanya sekedar ingin membaca dan mendalaminya. Entah bagi pelajar Bahasa Arab yang masih tingkat pemula, tingkat lanjutan ataupun tingkat mahir.

Ada 15 buku nahwu yang kami rekomendasikan. 15 buku ini kami kelompokkan menjadi 3 tingkatan:

Kitab Nahwu Tingkat Pemula

  1. Al-Ajurumiyyah - Muhammad bin Daud Ash-Shonhaji al-Maghribi
  2. Ilmu Nahwu Praktis Sistem Belajar 40 Jam - Aceng Zakaria
  3. An-Nahwu al-Wadlih (3 Jilid) - 
  4. At-Tuhfah As-Saniyah - Muhammad Muhyiddin bin Hamid al-Misry
  5. Ilmu Nahwu Mutammimah al-Ajurumiyah - 

Kitab Nahwu Tingkat Lanjutan

  1. An-Nahwu Asy-Syafi'- Mahmud Husni Madarisah
  2. Jami'u ad-Durus al-Arabiyyah - Mustafa al-Ghalayini
  3. Syarh Qatrunnada Ibnu Hisyam - Muhyiddin Abdul Hamid
  4. Syarh Muwashil at-Thullab ila Qawaidi al-I'rab
  5. Syarh al-Muyassar 'ala Alfiyah ibn Malik

Kitab Nahwu Tingkat Mahir

  1. Syarh Ibnu Aqil ala Alfiyah Ibnu Malik
  2. Syarh al-Mufashshal - Zamakhsyari
  3. Syarhu at-Tashil - Ibnu Malik
  4. al-Ushul fi an-Nahwi
  5. Al-Kitab - Ahmad Sibawaih

Berikut penjelasan singkat setiap buku nahwu di atas:

1. Al-Ajurumiyyah 


Ini buku nahwu yang sangat fenomenal. Buku ini diterima di kalangan muslimin seluruh dunia. Ada banyak al-Ajurumiyah yang sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Buku ini karangan Muhammad bin Daud Ash-Shonhaji al-Maghribi. Ulama Bahasa Arab dari Maghrib atau Maroko. Buku ini sudah tidak asing lagi di pesantren-pesantren salaf.

2. Ilmu Nahwu Praktis Sistem Belajar 40 Jam


Buku Nahwu ini ditulis oleh ustadz Aceng Zakaria. Buku ini berbahasa Indonesia dan sangat mudah dipahami dan dipelajari. Tidak heran jika banyak santri-santri yang belajar nahwu menggunakan buku ini. Dalam buku ini tidak disebutkan 1 jamnya berapa materi. Tapi buku ini cukup membantu bagi pelajar Bahasa Arab tingkat pemula. 

3. An-Nahwu al-Wadlih (3 Jilid)


Buku An-Nahwu al-Wadih ini juga sangat fenomenal dan digunakan di banyak pesantren di Indonesia. Di dalam buku ini ada kaidahnya disertai contoh-contohnya dalam kalimat. Buku nahwu ini sangat cocok bagi tingkat pemula.

4. At-Tuhfah As-Saniyah 


Buku ini sangat menarik. Ia adalah buku pengembangan dari buku al-Ajurumiyah yang berupa syarhnya. Ada bahasa Arab juga sudah ada terjemahan Indonesianya. Buku ini ditulis oleh Muhammad Muhyiddin bin Hamid al-Misry seorang ulama bahasa dari Mesir.

5. Ilmu Nahwu Mutammimah al-Ajurumiyah


Buku ini juga merupakan buku pelengkap dan pengembangan dari buku al-Ajurumiyah. 

6. An-Nahwu Asy-Syafi'


Buku nahwu ini dikarang oleh Mahmud Husni Madarisah. Buku ini memang diperuntukkan untuk kalangan pelajar tingkat menengah atau lanjutan. Sedikit berbobot namun mudah dipahami. 

7. Jami'u ad-Durus al-'Arabiyyah


Buku karangan Musthafa al-Ghalayini ini sangat terkenal di kalangan pembelajar Bahasa Arab. Tersedia hampir di setiap toko buku. Sistematika penulisan dan pembahasan sangat modern dan bagus. Beda dengan buku-buku nahwu terdahulu. Selain itu, pembahasannya lumayan panjang karena dilengkapi dengan kaidah serta contoh-contohnya. 

8. Syarh Qatrunnada Ibnu Hisyam

Buku ini juga sangat tepat digunakan oleh pembelajar bahasa Arab tingkat lanjutan. Pengarangnya adalah Muhyiddin Abdul Hamid. Ibnu Khaldun pernah berkata bahwa Syekh Muhyiddin Abdul Hamid merupakan seorang alim dalam bidang ilmu nahwu, dan kealimannya melebihi Sibawaih. Artinya, buku ini bukan buku nahwu biasa. Sangat layak untuk dibaca dan dipelajari. 

9. Syarh Muwashil at-Thullab ila Qawaid al-I'rab

Buku nahwu ini karangan Ibnu Hisyam. Lebih tepatnya, buku ini fokus kepada kaidah-kaidah dalam i'rab.

10. Syarh al-Muyassar 'ala Alfiyah ibn Malik

Pengarangnya Abdul Aziz Ali Al-Harbi. Buku ini bisa kita download dengan mudah di internet. Pembahasannya juga sangat mudah seperti halnya syarh ibn Aqil.

11. Syarh Ibnu Aqil ala Alfiyah Ibnu Malik

Buku Alfiyah ini banyak sekali syarhnya. Diantara syarhnya yang terbaik adalah Syarh Ibnu Aqil. Pembahasannya jelas dan lumayan detail sehingga banyak sekali hal baru yang akan didapatkan.

12. Syarh al-Mufashshal - Zamakhsyari

13. Syarhu at-Tashil - Ibnu Malik

Buku ini untuk tingkatan mahir

14. al-Ushul fi an-Nahwi

15. Al-Kitab - Sibawaih

Buku ini merupakan buku nahwu paling tinggi tingkatannya di antara buku-buku lainnya. Buku karangan Sibawaih ini sudah sangat diakui oleh kalangan ulama 

Buku-buku nahwu di atas sangat familiar di pondok pesantren, terutama pesantren salaf. Ilmu nahwu dipelajari sangat detail. Maka tidak heran jika alumni pesantren salaf biasanya kaidah nahwunya di luar kepala.

Lain halnya di pesantren modern. Ilmu nahwu hanya dipelajari secara umum saja. Yang terpenting adalah penggunaannya dalam percakapan Bahasa Arab sehari-hari.

sumber: https://www.youtube.com/watch?v=zhh2fH9WEnU&ab_channel=NugrahaSupriatna

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Buku Nahwu Bagi Pelajar Bahasa Arab Tingkat Pemula Hingga Mahir"